Merayakan Hari Ulang Tahun Dhalia Care Ke-2 dengan Berbagi Kasih ke Panti Asuhan

Celebration Dhalia Care Birthday 2nd with Share Compassion to Orphanage

“Seperti yang dianjurkan oleh para pujangga, wali, nabi, mesias, Budha dan Avatar-Bekerjalah bukan untuk mengisi perutmu sendiri atau membiayai kuliah anakmu sendiri… Bekerjalah untuk berbagi dengan mereka yang kurang beruntung”. Anand Krishna (2012) dalam buku Cinta yang Mencerahkan

       “We care with love and spirituality” itu adalah motto terbaru kita di tahun ketiga ini dan sesuai pesan diatas kita ada untuk bisa berbagi kasih kepada sesama. Waktu tidak terasa berjalan begitu cepat dan kami telah memberikan pelayan kami selama 2 tahun kepada masyarakat bali dalam membantu menangani masalah luka akut dan kornis yang dihadapi. Tidak banyak tenaga kesehatan yang menyukai dalam area ini. “Kok Anda bisa tahan dengan Bau luka seperti ini, tidak jijik? Apakah bisa yakin bisa sembuh? Seharusnya ini  dipotong saja satu kaki..” Inilah beberapa pertanyaan dan komentar dari pasien itu sendiri dan public, tapi kami menjawabnya “ Ya kami yakin dengan dukungan dan semangat dari pasien beserta keluarga maka kami akan melayani sepenuh hati dengan kasih untuk bisa merawatnya, karena kami cinta dan menyukai perawatan ini maka kami tidak pernah ada rasa jijik pada luka ataupun individu yang menderitanya. Kami bekerja dengan tim, selama ini banyak rekan-rekan perawat baik itu praktisi ataupun mahasiswa keperawatan dan beberapa kolega dokter, gizi dan fisioterapi telah banyak mendukung kami.

       Selama dua tahun ini berlangsung sudah tentu semua ini berkat dari kerjasama dan solidaritas tim kami Dhalia Care. Harapan kami di tahun ketiga ini kami ingin mengembangkan menjadi yayasan dharma mulia care dan bekerjasama dengan beberapa rekan-rekan perawat baik dalam dan luar negeri untuk bisa membangun dan mengembangkan klinik perawatan luka, stoma dan inkontinensia. Pada awal bula agustus ini kami telah membuka pelayanan perawatan stoma dan inkontinensia. Kami tidak akan berarti tanpa dukungan semua pihak dan kami ada bukan untuk bersaing dengan siapapun tapi kami ingin mengajak semua pihak terutama tenaga kesehatan untuk bisa bertanggung jawab dan bersama-sama mempromosikan “STOP AMPUTASI”. Kita mulai dari hal kecil yang sering kita remehkan adalah perawatan luka.

Gambar 1. Tim dharma mulia care beserta keluarga

      Ulang tahun kami ke-2 ini dirayakan kembali di salah satu panti asuhan di Bali yang kami sering sebut sebagai bakti sosial. Saat ini kami mengadakan bakti sosial yang ke-4 dan kami memilih panti asuhan yang sedikit jauh dari kota denpasar dan yang benar-benar membutuh. Kami tertarik dengan salah satu panti asuhan di kabupaten buleleng bernama Panti Asuhan Narayan Sewa yang terletak di Desa Kerobokan Buleleng. Kami sangat berkesan dari panti asuhan ini karena sangat berbeda dengan panti asuhan yang kami kunjungi sebelumnya. Keunikan dari panti asuhan ini yang membuat kami terkesan adalah semua anak-anak panti asuhan vegetarian dan sungguh mengagetkan ketika itu smua anak-nak panti menyambut kami dengan bahasa inggris. Kami hanya bisa mengatakan wow… sungguh perjuangan yang begitu berat dan begitu mengagumkan.

Gambar 2. Keceriaan anak-anak panti asuhan

Gambar 3. Keberanian anak-anak panti asuhan, mereka berbagi kasih juga bersama kita, bernyanyi bersama dalam keceriaan

Gambar 4. Meditasi bersama atau Doa bersama bagi kita sambil menyanyikan nyanyian suci yang membuat seluruh tim dhalia care kagum dan terpesona dengan perjuangan kehidupan mereka dimana kita harus bersyukur disaat ini.

Gambar 5. Indahnya berbagi bersama dengan sesama. Makan bersama anak-anak panti asuhan dengan penuh kasih

Gambar 6. Senyum manis dan tulus anak-anak panti asuhan.

Gambar 7. Tim Dhalia Care beserta mahasiswa dan donatur makan bersama

       Kegiatan yang kami berikan di panti asuhan adalah mengajarkan bagaimana menanamkan cara mencuci tangan yang benar sejak kecil. Kami selalu memberikan pendidikan kesehatan tentang mencuci tangan yang benar disetiap kali kami mengadakan bakti sosial, karena kami yakin dengan memberikan cara mencuci tangan yang benar maka anak-anak generasi penerus bangsa akan menjadi sehat dan mengurangi angka kejadian sakit. Kami tidak hanya memberikan sumbangan sukarela tetapi kami memberikan penanaman perilaku hidup sehat sejak dini. Kami telah menggalang penjualan baju Dhalia Care selama beberapa minggu agar masyrakat juga ikut berperan serta dalam kegiatan kami ini. Tidak hanya dahlia care yang berperan besar dalam kegiatan ini tetapi ada donator tetap kami yang selalu mendukung acara ini dan juga mahasiswa-mahasiswa keperawatan yang selalu bersemangat untuk mensukseskan acara kami. Puji syukur selalu kami panjatkan kehadirat TUHAN karena semua acara kami berjalan lancar dan kami sangat bisa bahagia dapat berbagi bersama anak-anak yatim. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah mendukung kami selama ini. Semoga di tahun ketiga ini kami bisa menjadi lebih baik lagi dan membantu masyarakat yang membutuhkan. Bagi rekan-rekan dan sodara-sodara yang memiliki keluarga ataupun teman yang mempunyai luka, dari saat ini jangan diremehkan, mulailah untuk memberikan perawatan yang benar dan silahkan kunjungi kami DHALIA CARE.

Gambar 8. Tim Dhalia Care dan Anak – Anak Panti membawa sumbangan

Gambar 9. Penyerahan sumbangan ke panti asuhan

Gambar 10. Penyerahan dana sumbangan dari hasil penjualan baju Dhalia care dan sumbangan dari berbagai pihak (Mahasiswa, Masyarakat, Pasien dan lainnya) serta donatur oleh koordinator klinik Ni Md Wina Runita P., AMK, CWCCA.

Gambar 11. Rekan-rekan mahasiswa yang mendukung kegiatan Dhalia Care membantu anak-anak panti belajar cuci tangan yang benar

Gambar 12. Semua anak-anak panti asuhan antuasias mengikuti kegiatan mencuci tangan yang benar dari Dhalia Care

Gambar 13. Kebersamaan berbagi kasih dengan menanamkan budaya mencuci tangan yang benar untuk generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas

Gambar 14. Tim Dhalia Care dan Mahasiswa bersama hasil sumbangan yang telah dikumpulkan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan sumbangsihnya pada kegiatan kami.

Gambar 15. Foto bersama anak-anak panti asuhan dan tim Dhalia Care. Indahnya dalam kebersamaan dan berbagi kasih dengan sesama.

Sampai jumpa di kegiatan Dharma Mulia Care berikutnya. Jika Anda ingin bergabung kunjungi kami di http://www.facebook.com/dharma.m.care

“Always put yourself in other’s shoes. If you feel it hurt you, It probably hurt the other person too, be compassionate”

About dharmamuliacare

Praktek Perawat Spesialis Perawatan Luka Please contact us, if you have a problem about wound Jln. Gunung Agung No. 166 Denpasar-Bali View all posts by dharmamuliacare

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: