Pelatihan CWCCA (Certified Wound Care Clinician Asosiaciate) Pertama di Bali

Ilmu perawatan luka sangat berkembang pesat beberapa dekade ini, ditunjang juga teknologi terbaru dalam pemilihan wound dresssing (balutan luka) yang menyebabkan banyak minat untuk mempelajari tentang perawatan luka, baik itu dari kalangan mahasiswa, praktisi kesehatan di lapangan dan juga kalangan dosen. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan luput dengan adanya luka, sudah pasti setiap manusia didunia ini pernah mengalami luka baik itu hanya luka kecil sampai adanya luka besar. Untuk itu, Dharma Mulia Care (Dhalia Care) memberikan program pelayanan khusus dalam perawatan luka dengan konsultan terbaik spesialis dalam perawatan luka dan juga memberikan pelatihan tentang perawatan luka bagi semua kalangan.

Dhalia Care telah menyelenggarakan pelatihan perawatan luka yang bertaraf nasional padatanggal 9-12 Agustus 2012 yang bekerjasama dengan Wocare Center Bogor dan Akper Kesdam IX/Udayana. Pelatihan yang diselenggarakan merupakan pelatihan kompetensi perawatan luka yang disebut sebagai Certified Wound Care Clinician Asociate (CWCCA). Pelatihan ini baru pertama kali diadakan di Bali dan diselenggarakan di Akper Kesdam IX/Udayana. Walaupun pertama kali di Bali, banyak kalangan yang berantusias mengikutinya seperti dari kalangan mahasiswa, praktisi kesehatan dan dosen. Peserta mendapatkan fasilitas sertifikat kompetensi dari Depkes RI dan mendapat gelar CWCCA dibelakang nama, sertifikat Akreditasi PPNI, modul pelatihan, praktek langsung ke pasien dan paket box perawatan luka.

Penyelenggaraan pelatihan CWCCA mengambil tema “BE PROFESIONAL NURSING WITH THE BEST SKILL IN WOUND CARE“. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta mampu mengaplikasikan secara langsung di lapangan untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan pasien yang mengalami luka sehingga akan meringankan biaya dan menghemat waktu perawat. Konsep yang dilakukan dalam perawatan luka saat ini adalah dengan metode”MOIST” atau menciptakan lingkungan lembab sehingga perawatan luka tidak dilakukan setiap hari, cukup 2 atau 3 hari sekali dengan balutan tertutup yang tepat sesuai jenis luka maka proses penyembuhan akan berlangsung cepat.

Selama 4 (empat) hari peserta mengikuti perkuliahan dan praktek langsung ke pasien, banyak peserta yang merasakan manfaat yang besar dalam peran serta perawatan dalam perawatan luka. Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta juga dapat membangun praktik mandiri perawat ataupun berkelompok sehingga akan menunjang meningkatkan profesionalisme perawat dalam kompetensinya. Semoga pelatihan ini akan terus kami laksanakan berkesinambungan setiap tahunnya untuk menciptakan tenaga perawat yang profesional dan membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Bagi rekan-rekan sejawat yang tertarik atau ingin mengetahui informasi tentang pelatihan perawatan luka, silahkan hubungi kami Dhalia Care.

by Ns. I Made Sukma Wijaya, S.Kep, WOC(ET)N

Dharma Mulia Care

23 Agustus 2012

About dharmamuliacare

Praktek Perawat Spesialis Perawatan Luka Please contact us, if you have a problem about wound Jln. Gunung Agung No. 166 Denpasar-Bali View all posts by dharmamuliacare

One response to “Pelatihan CWCCA (Certified Wound Care Clinician Asosiaciate) Pertama di Bali

  • rahma

    Mohon infonya tentang pelatihan wound care di surabaya..
    atau di tempat mana akan di adakan woundcare dlm waktu dekat.
    berapa biayanya?
    terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: